Pengenalan Rogue

❏ Rogue yang menghabisi musuh dengan manuver kekuatan yang sangat baik dan Attack berkelanjutan yang brilian.

Rogue dibandingkan Class yang lain, memiliki pergerakan yang lincah dan memiliki berbagai jenis serangan Melee. Dengan menggunakan senjata pisau, gerakan menyerangnya sangatlah beragam, dan sebagian besar Skill Attacknya memiliki casting time yang singkat.

Sebagai Melee Rogue tidak bisa dibandingkan dengan karakter tanker. Karena defense Rogue tidak terlalu kuat. Sebagian besar skillnya dapat aktif melalui “Stamina” yang jumlahnya terbatas, maka dari itu, kamu harus mengatur skill dengan baik. Rogue adalah tipikal class dengan damage terfokus pada single target dengan Critical Attack yang tinggi.


❏ Menyerang dengan gerakan tangan yang beragam! Racun yang menunjukkan kemampuan pembunuh sejati!

Untuk Rogue ada 2 jenis Aspect yaitu Assassin dan Poison, karena Skill Pasif yang saling berhubungan antara 2 Aspect tersebut, maka cara leveling dan huntingnya pun cukup berbeda.

▲ Jumlah bintang dari tingkat kesulitan tidak mengiindikasikan kekuatannya!

❏ Informasi dasar mengenai Rogue Aspect Assassin

Aspect Assassin merupakan Aspect yang membuat kita merasakan kecepatan dari seorang pembunuh. Skillnya dapat dikeluarkan dalam sekejap dan memiliki damage yang besar. Hampir semua skillnya memicu Critical yang sangat kuat. Pada mode Battlefield ataupun PVP,Rogue adalah class yang cukup sulit intuk dihadapi. Jika mengeluarkan serangan terlebih dahulu dengan combo skill yang cepat. Maka tidak ada lawan yang dapat menghindarinya.

❏ Skill Utama Aspect Assassin

❶ Kewajiban untuk Assassin Rogue!

Skill yang harus diambil adalah Passive Combat Skill, Assassin Aspect dan Mortal Blow. “Combal Skill” meningkatkan Crit Accuracy secara permanen 10% dan memiliki Effect yang meningkatkan Attack Sebesar 30% dari Crit. Accuracy. Lalu “Mortal Blow” merupakan Skill Pasif yang memberikan ekstra damage sebesar 80% dari Basic Attack ketika terjadi Serangan Critical.

Karena skill ini sangat efektif, Rogue Aspect apapun harus mengambilnya.


▲ Layaknya Pembunuh bayaran yang menghampiri dalam sekejap untuk membunuh.

❷ Storm Tree? Crusher Tree?

Assassin Rogue memiliki jurus Chain Slash dan Crusher diantara skill awal yang dapat dipelajari. Setiap Levelnya hanya bisa memilih 2 skill yang saling terkait dan menjadi skill lanjutan untuk dipelajari, diluar Combat Skill dan Mortal Blow yang harus dipilih salah satunya. Pertama-tama untuk Chain Slash Tree, setelah mempelajari Chain Slash, lakukan mastery dan memakai skill Blade Rush. Chain Slash bisa dipakai sebagai pusat serangan bagi Assassin Rogue karena damagenya cukup kuat.Dan untuk menjatuhkan lawan dapat menggunakan jurus yang saling terhubung sebagai tambahanya yaitu dengan Blade rush, sehingga bisa melakukan hunting dengan stabil.

Dengan menggunakan Crusher Tree dengan Deep Slash sebagai Skill utama dari Rogue. Tree yang terbagi menjadi 3 yaitu, Deep Slash – Crusher – Final Slash dimana bisa memberikan Max damage berurutan dalam waktu singkat. Kelebihan dari Skil Tree ini adalah dengan menggunakan Deep Slash yang memiliki cooltime sangat cepat sebagai skill utamanya.maka dalam waktu singkat angka damage yang dihasilkan sangat besar. Kekurangannya adalah jika Crit. Accuracy yang dimiliki rendah maka tidak bisa memakai skill Final Slash.

Pada awalnya Chain Slash – Blade Rush sedikit lebih stabil dan memberikan damage yang cukup banyak, tetapi jika Crit Accuracy telah mencapai lebih dari setengah maka dengan memakai Deep Slash yang memiliki Cool time singkat Crusher – Final Slash, bisa mengeluarkan damage yang lebih besar.


▲ Passive skill yang di tengah merupakan kewajiban bagi para Rogue.

❸ Assassin Rogue dengan Damage Area!

Memainkan Class Assassin Rogue pasti dapat mengerti, bahwa skill arena yang dimilikinya tidaklah banyak. Maka dari itu, apakah menjadi Assassin Rogue mau melakukan investasi pada Skill Area untuk kepentingan leveling yang cepat? Atau focus hanya pada skill single target saja? Kedua pilihan ini kadang membingungkan.

Bagian yang harus dipikirkan baik-baik pada Skill tree adalah Shadow Blade dan Blade Dance level 3.

Jika hanya melihat penjelasan dari Skill Shadow Blade, terlihat tidak bagus, karena menurunkan Attack diri sendiri 50% dan meningkatkan konsumsi Stamina 20%, tetapi semua serangan yang dilakukan adalah area damage 6 orang pada jarak sekitar. Walaupun damage kepada Single Target berkurang, tetapi dapat digunakan sebagai Efek Skill ketika Hunting di Dungeon untuk mob semua monster yang ada.

Blade Dance merupakan skill Pasif yang meningkatkan Attack Speed selama 5 detik setelah Dash Slash. Memiliki kelebihan karena tidak membutuhkan Slot Skill terpisah yang perlu disisakan. Merupakan skill Pasif yang cukup efisien karena Attack Speednya terasa cukup cepat kepada single target.

Pilihan terakhir adalah dengan cara Raid, Karena melalui raid, rogue dapat memulihkan “Stamina”, dimana stamina banyak dipakai pada hampir keseluruhan Skill Rogue, alangkah baiknya untuk mengambil skill ini mengingat pentingnya untuk mengatur Stamina.


▲ Sebenarnya dengan Shadow Slash saja Area Skill tidak perlu mengkhawatirkan skill area lagi.

❹ Tree yang dikhususkan untuk Hunting Dungeon dan Tree yang difokuskan untuk Battle Field

Skill Tree terakhir yang kami rekomendasikan terbagi menjadi 2 jenis.

Yang pertama adalah Skill Tree yang berfokus pada Hunting Dungeon yaitu Weakness Expose yang ada di baris pertama, memiliki hubungan dengan Critical Blow, yang kedua adalah Skill Tree yang berfokus pada PVP yang memakai Stun untuk membuat lawan pingsan selama 3 detik lamanya.

Efek Critical Blow setiap mengenai Critical dapat menaikkan Stack sampai total 5 kali dengan chance 50%

Efek Critical Blow ini merupakan skill pasif yang baik, dengan mengkonsumsi Critical Blow yang Stack, mengakibatkan Shadow Slash aktif dan memberikan daya serangan yang luar biasa kepada boss monster.

Damage Stun terbilang lemah tetapi bisa membuat musuh pingsan selama 3 detik, dan skill pasif yang berhubungan dengannya yaitu Blink. Dimana selama 5 detik menaikkan attack sebanyak 15%. Rutheless dan Counter Attack sudah pasti lebih efektif kemampuannya pada mode PVP dibandingkan mode PVE.

❺ Soul Skill yang Berbeda

Soul Skill milik Assassin Rogue bukanlah skill yang memberikan damage area, tapi merupakan skill yang memperkuat diri sendiri atau memperkuat Party Member.

Skill pertama yaitu Shadow Stance meningkatkan secara besar kemungkinan Crit Accuracy dan Attack diri sendiri, Skill kedua yaitu Scintillation yang merupakan Aura Effect yang meningkatkan Crit Accuracy dari Aliansi yang berada dalam radius 30m selama durasinya, Skill ke tiga adalah Death Stalker yang membuat Immune terhadap Abnormal status selama 10 detik, dan merupakan Buff Skill yang meningkatkan Movement Speed yang memiliki kemungkinan Crit. Accuracy.

Jika berpikir untuk focus pada Hunting, direkomendasikan untuk mengambil “Scintillation”, dan “Death Stalker” yang juga bagus untuk mendampinginya. Death Stalker membuat Immune terhadap Abnormal Status selama 10 detik, walaupun bukan di PVP, di dungeon tertentu pun dapat memberikan efek yang baik.

Tetapi Skill pertama yaitu Shadow Stance memiliki batasan pemakaian, karena merupakan skill yang berlaku pada Rogue sendiri saja, dan lebih bagus digunakan ketika dalam party.


▲ Pemilihan Soul Skill diantara Scintillation dan Death Stalker.

❏ Informasi dasar mengenai Poison Aspect

Aspect Poison dengan menggunakan berbagai jenis racun memberikan damage berkelanjutan dan menumpukkan damage kepada musuh, lalu melalui Skill Pain Recovery memberikan damage yang lebih besar kepada musuh.

Pada dasarnya sebagian besar skill yang dimiliki memberikan damage berkelanjutan dan Abnormal Status, maka semakin panjang pertarungan, maka damage akanmenumpuk damage, lalu dengan menggunakan Endless Pain dan Pain Recovery sebagai gerakan akhir yang dapat membunuh dalam sekejap.

Kekurangannya adalah setiap Skill tersebut membutuhkan kemampuan diri sendiri untuk mengatur cooldown agar bisa memberikan damage yang maksimum. Lalu dibandingkan Assassin Rogue skill yang dapat dikeluarkan tidaklah banyak, karena ada gerakan lainnya maka feelnya agak sedikit berkurang.

Tetapi dengan menggunakan akumulasi dari total damage yang dijumlahkan dan Skill Pain Recovery, maka dalam sekejap damage yang dikeluarkan sangat besar, jika dibandingkan dengan Assassin. Laluuntuk Assassin Rogue biasa memfokuskan pada Chance Dodge dan Crit Accuracy. Untuk Poison Rogue memfokuskan Statusnya pada Defense dan Piercing.


▲ Pesona dari Rogue yang terus menerus memberikan damage akumulatif kepada musuh!

❏ Skill utama Aspect Poison

❶ Pasif Skill yang berguna!

Poison Rogue berbeda dengan Assassin Rogue, karena sebagian besar dari segi konsep Skillnya memberikan Abnormal Status kepada lawan dengan berbagai bentuk. Untuk memainkan Assassin Rogue, kita harus berpatokan pada menghitung sendiri Cooldown Skill dan mengetahui jenis skill yang memberikan Status Abnormal, untuk membuat Cycle serangan diri sendiri tidak berhenti.

Pada poin itu Skill-skill yang menjadi keharusan pertama untuk dipelajari adalah Pasif Skill. Pasif skill selain tidak memakan Slot Skill di shortcut juga tidak membutuhkan Stamina untuk pemakaiannya, lebih berguna.

Poison Skill merupakan Skill keharusan untuk diambil pada tahapan pertama Poison Rogue. Meningkatkan secara permanen Piercing 10% danjuga meningkatkan Attack sebesar 30% dari Piercing.

Selanjutnya adalah Skill Regenerasi. Pada umumnya ketika memakai Fighting Spirit Skill dan diikuti dengan Regeneration Skill, merupakan skill yang berguna untuk memulihkan Stamina 25% dari Max HP pada saat bersamaan. Bagaimanapun pada skill tahap 4ini, adalah skill seperti Poison Charge dan Paralysis, karena tidak bisa dipakai secara stack, alangkah baiknya jika mengambil skill regenerasi.

Pada tahap 5 ada 3 jenis skill dimana semuanya adalah Pasif Skill. Disini dianjurkan Disturbance yang berguna pada Dungeon, PVP dan semuanya, Mari pilih yang sesuai selera diri sendiri seperti Pain blast dan Poison Mist.

Skill Pasif yang dianjurkan selanjutnya adalah Pain Series yang ada di tahap 8, Poison Assasin memiliki karakteristik pada pemakaian Skill Multiple nya sehingga sering terjadi kekurangan Stamina. Maka dari itu Feast of Pain sudah menjadi keharusan bagian Poison Rogue untuk menjaga Stamina secara berkelanjutan, jika anda ingin berfokus pada PVP, dengan memilih After Shock anda bisa menggunakan efek untuk membuat pingsan selama 3 detik kepada lawan.

❷ Pain Slash Tree? Bleeding, Addict Tree?

Mari coba lihat Skill Tree yang sangat berbeda pada Poison Rogue, yaitu Skill Pain slash yang ada di tahap 2. Skill Pain Slash tidak memiliki Cooldown dan memiliki sinergi dengan Saw Suriken yang dipakai Rogue pada umumnya. Merupakan suatu keuntungan karena Skill ini tidak memiliki Cooldown, tetapi jika memakai sembarangan dalam waktu singkat Stamina akan habis, maka sebaiknya menggunakan Skill ini dengan mencocokan Cooldown dari Saw Suriken.

Bleeding, Addict Tree diluar dari Pain Slash, skill lainnya yang tersisa adalah untuk memperkuat damage berkelanjutan sesuai konsep Poison Rogue dengan tree skill yang dipilih, dengan menambahkan Abnormal Effect lagi, memiliki kelebihan ketika casting Pain Recovery bisa mengeluarkan lebih banyak damage lagi.

Kekurangannya adalah jika pada saat bersamaan menggunakan kedua skill tersebut, efisiensi damagenya masuk setiap 2 detik, jadi damage instannya akan berkurang.

Jika kamu ingin sekali memberikan tumpukan efek Abnormal Status dan memberikan damage sekaligus, sebaiknya mengambil Skill Bleeding dan Addiction Blow, dan jika di tengah-tengah ingin memberikan akumulasi damage yang cukup, gunakan Pain Slash.

❸ Apakah Soul Skill dari Poison Rogue?

Karakteristik dari Poison Rogue adalah mengambil Skill Pain Slash, sisanya memiliki karakteristik yang sama. Terutama selama tidak ingin focus pada PVP, Skill yang berguna pada hunting telah ditetapkan dan pilihnya termasuk sedikit karena Skill untuk mengoleskan racun pada senjata tidak bisa di stack pemakaiannya.


▲ Sebagian Besar Skill Tree para Rogue hampir tidak ada perbedaan yang banyak

Yang terakhir dengan skill yang tersisa apakah anda ingin sedikit focus pada Areal atau, ingin melakukan akumulasi damage yang lebih kepada single target, itu tergantung pilihan saja.

Disini memerlukan pilihan terakhir dari Soul Skill. Soul Skill terbagi atas 2 agar mudah dimengerti. Skill pertama Soul Skill yaitu Brutality yang terlihat seperti berguna pada awalnya, tapi setelah itu ketika Critical status telah menjadi tinggi, efisiensi skill yang bersangkutan tidaklah begitu terasa, sehingga kebanyakan tidak mengambil skill ini.

Sebaliknya skill kedua dan ketiga, yaitu Plague dan Poison Curtain sebagai skill dengan konsep lain yang tepat, pertama-tama Plague Skill memberikan damage besar kepada single target dan pada saat bersamaan mengurangi Defense dan Critical Dodge. Skill itu sendiri damagenya bagus dan memiliki efek tertinggi diantara debuff yang mengenai Single Target.

Poison Curtain memberikan damage 30% dari basic attack kepada musuh dalam radius 5 meter setiap 0,5 detik, dan menaikkan Dodge Aliansi. Merupakan skill yang harus dimiliki ketika hunting Mob dari monster dalam jumlah banyak, karena skill ini juga meningkatkan Dodge aliansi maka juga berguna dalam party.

Jika anda ingin memberikan damage Ekstrim maka Plague adalah Skill yang tepat tetapi Poison Curtain juga damagenya tidaklah lemah, ditambah bisa memberikan damage area, maka kami sedikit lebih menganjurkan Poison Curtain untuk Fleksibilitas yang lebih baik.


▲ Karena Poison Curtain memiliki Fleksibilitas tinggi, menjadikannya favorit.


sumber : eos.gemscool.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment